Kamis, 20 November 2008

Kelamin Hamster Membengkak


Hamster adalah hewan kecil, lucu, menggelikan meskipun sebagian juga menggangap menjijikkan. Bagi anak-anak, hamster sangat menarik sehingga akhirnya dipelihara di rumah. Pemeliharaannya terhitung mudah. Dengan membeli rumah atau kandang kawat yang sudah jadi dan segala perlengkapannya, pakan yang tidak banyak dan mudah didapat membuat orang tertarik untuk memelihara hamster.

Namun tidak semua orang mengenal dengan baik hamster. Hamster adalah hewan pengerat alias rodensia sama seperti tikus atau mencit. Dan hal yang sering di keluhkan atau ditakutkan pemilik adalah kelamin hamster yang membesar.


Seringkali orang menjual atau membeli hamster pada saat masih kecil. Pada umur yang masih muda perkembangan kelamin belum berjalan dengan baik. Tentu pemilik tidak melihat ada hal yang aneh pada tubuh hamsternya. Namun dengan bertambahnya umur hamster maka perkembangan kelamin pun berjalan dan menjadi dewasa kelamin. Dan tentu saja dengan perkembangan kelamin maka pasti ada perubahan-perubahan organ kelamin, termasuk ukurannya. Pada golongan rodensia seperti tikus, mencit termasuk hamster jantan perkembangan ukuran kelamin jantan sangat nyata terutama ukuran testisnya. Bahkan pada mencit (yang berukuran kecil, lebih kecil dari tikus atau hamster) ukuran testisnya bisa sebanding hampir seukuran ukuran kepala. Dan pada kondisi tertentu testis tersebut dapat masuk ke dalam rongga perut dan keluar lagi pada saat yang lain, sehingga bila diperhatikan testis tersebut bisa hilang bisa mucul kembali.

Bilamana tidak mengetahui perkembangan atau pertumbuhan tentu akan sangat terkejut atau takut, hamster kesayangannya menderita sakit karena mengetahui ukuran testisnya membesar bahkan sangat besar ukurannya menurut pemilik yang tidak mengetahui anatomi hamster dengan baik. Padahal kondisi tersebut normal.

Kelamin yang mengalami sakit bila besar testis kiri dan kanan tidak sama, terluka, ada perdarahan, bila dipegang ada rasa sakit, tidak halus (rata) atau ukurannya amat sangat besar sehingga tidak bisa berjalan. Bila menemukan kondisi demikian maka sebaiknya segera periksa pada dokter hewan.

10 komentar:

  1. testis hamster saya nampak besar..perlukah saya periksa pada dokter haiwan.

    BalasHapus
  2. solusi selain ke dokter hewan apa ya??

    BalasHapus
  3. Hamster saya testisnya membesar dan ada lukanya,cewe dan cowok juga sering berkelahi, sampai pada kaki hamster cewe ada memarnya.
    Apa yg harus saya lakukan untuk mengobatinya?

    BalasHapus
  4. Testis hamster hybrid saya kadang" suka membesar .. Tapi setelah beberapa lama mengecil kembali .. Itu kenapa ya? Ditambah lagi dia lagi kurang nafsu makannya dan suka lompat-lompat mundur kebelakang .. Saya jadi takut dia kenapa-kenapa ..

    BalasHapus
  5. Testis hamster hybrid saya kadang" suka membesar .. Tapi setelah beberapa lama mengecil kembali .. Itu kenapa ya? Ditambah lagi dia lagi kurang nafsu makannya dan suka lompat-lompat mundur kebelakang .. Saya jadi takut dia kenapa-kenapa ..

    BalasHapus
  6. Kira2 sampai tahap itu, umur hamster jantan sudah mencapai berapa bulan ya?

    BalasHapus
  7. Ka kalo testis hamster saya ilang trus kaya pecah gitu jadinya keriput gimana? Aku gak ngerti

    BalasHapus
  8. Hemster sya pantatnya membesar terus sering berantem gk pernah akut

    Itu knpa ya

    Harus d apakn

    BalasHapus
  9. Hamster jantan saya ad pembengkakan d bagian kelamin apa itu penyakit atau g mna 😭

    BalasHapus